MAKANAN WAJIB KETIKA MUSIM HUJAN

MAKANAN WAJIB KETIKA MUSIM HUJAN |Mengonsumsi lima sayuran ini di musim hujan akan membuat tubuh sehat dan fit. Musim hujan selain dingin juga membuat tubuh rentan terkena penyakit. Untuk mencegah risiko tersebut, Anda harus mengonsumsi makanan bergizi dan kaya serat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Lantas sayuran apa saja yang wajib Anda konsumsi selama musim hujan? Berikut penjelasannya.

Sawi
Sawi selain rendah kalori juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B1, B2, B6, C, E, dan K, asam folat, kalsium, karoten, mangan, tembaga, magnesium, protein, potasium, dan zat besi. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, sayuran ini memiliki efek anti kanker.
Tak hanya itu, sawi juga baik untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan tulang. Kandungan seratnya yang tinggi juga dapat membantu melancarakan buang air besar. Dengan begitu Anda akan terhindar dari wasir dan sembelit. Sementara, manfaat sawi bagi ibu hamil dan perempuan menopause adalah dapat membantu mencegah arthritis (radang sendi), osteoporosis (pengeroposan tulang), anemia dan penyakit Alzheimer.

Lobak Putih
Selain rendah kalori dan bebas kolesterol, lobak putih juga mengandung natrium, protein vitamin C dan B-9, fosfor kalium, dan kalsium, serta magnesium. Sayuran ini, menurut pakar gizi, sangat membantu dalam menjaga fungsi otot, saraf dan aliran darah, serta menjaga tulang dan gigi yang kuat. Lebih dari itu, lobak putih juga merupakan sumber vitamin C yang membantu menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah dan ligamen. Kandungan vitamin ini juga dapat membantu Anda mencegah flu, kanker dan penyakit jantung koroner.

Wortel
Wortel mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, B2, B3, C, D, E, G, dan K, kalsium, besi dan fosfor. Berkat kandungan gizinya yang tinggi dan beragam, sayuran ini dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah kebutaan lantaran mengandung karoten. Selain itu, wortel juga mampu mencegah sekaligus melawan kanker, diabetes dan penyakit jantung. Tak hanya mampu menangkal berbagai penyakit, wortel menurut para pakar gizi juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, rambut dan kuku, serta melnacrakan menstruasi. Manfaat lain dari wortel adalah mampu mengatasi obesitas, penyakit gusi, radang ginjal, hati dan empedu, Alzheimer, dan masih banyak lagi.

Kacang Hijau
Kacang hijau merupakan sumber yang baik dari vitamin C, folates, pitosterol dan antioksidan. Selain itu, mengandung pula vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, thiamin, dan mineral pyridoxine dan banyak seperti kalsium, zat besi, tembaga, seng, dan mangan.
Para ahli gizi mengatakan, bahwa kacang hijau baik untuk menjaga berat badan lantaran tinggi serat dan rendah kalori. Pitosterol yang terkandung didalamnya juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Sementara, antioksidan flavonoid seperti karoten, lutein, zea-xanthin dan Vitamin A dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit, juga mengurangi peradangan.

Brokoli
Sebuah studi menemukan, bahwa brokoli dapat mencegah kanker. Ini dikarenkan kandungan senyawa yang disebut glucoraphanin yang diolah menjadi sulforaphane, yaitu senyawa anti-kanker.
Selain itu, brokoli juga kaya vitamin C, serat dan indole-3-carbinol yang membantu dalam memperbaiki kerusakan sel dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.Di antara keluarga brassica, brokoli mengandung tingkat tertinggi karotenoid. Lutein karotenoid dapat membantu melawan penyakit jantung dan stroke, karena sayuran ini mampu mencegah penebalan arteri.
Beta-karoten dalam brokoli, kata para ahli gizi, mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh bersama dengan mineral, seperti seng dan seleniumSementara kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi dalam brokoli berkhasiat untu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

0 Response to "MAKANAN WAJIB KETIKA MUSIM HUJAN "

Post a Comment

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos