CARA UNTUK SENAM OTAK

CARA UNTUK SENAM OTAK |Senam otak merupakan sebuah senam yang tujuan utamanya untuk mempertahankan kesehatan otak dengan cara melakukan gerakan badan. Dengan melakukan senam otak dapat memicu otak agar tidak kehilangan daya intelektual serta awareness-nya. Senam otak ini dapat memulihkan kembali kondisi orang yang pelupa karena pada dasarnya pusat-pusat sistem kewaspadaan atau reticulo activating system yang terdapat pada batang otak bisa diaktifkan lagi. Seperti layaknya senam - senam yang lain, sebaiknya senam otak dilakukan secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu sehingga hasilnya bisa segera terlihat.

Senam otak sendiri termasuk jenis senam ringan yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk kaum lansia. Gerakan pada senam otak juga merupakan gerakan menyilang dengan tujuan supaya terjadi harmonisasi serta optimalisasi kinerja otak kanan dan otak kiri. Dengan melakukan senam otak, suplai darah, oksigen, dan energi akan lancar sampai ke otak serta bisa memenuhi kebutuhan otak sehingga secara jangka panjang struktur otak dapat terpelihara secara optimal.

Berikut ini adalah cara senam otak:

Semua gerakan dalam senam otak memang dirancang untuk meningkatkan aktivitas 3 dimensi fungsi otak yang terdiri dari: lateralitas - komunikasi (terdiri dari otak kanan dan otak kiri), pemfokusan - pemahaman, serta pemusatan - pengaturan.

CARA UNTUK MENINGKATKAN FUNGSI LATERALITAS - KOMUNIKASI

Melakukan gerakan menyilang (cross craw) yang bertujuan merangsang aktivitas mendengar, melihat, bergerak, menulis, dan sikap positif.   

Lakukan gerakan - gerakan seperti di bawah ini:

    Pundak kanan didorong ke kiri, pundak kiri didorong ke kanan
    Merangkak seperti bayi, lutut kanan maju bersama tangan kiri, lutut kiri maju bersama tangan kanan
    Lakukan gerakan menggambar / menulis sesuatu yang simetris di udara. Gerakan ini harus dilakukan secara bersamaan antara tangan kanan dan tangan kiri

 CARA UNTUK MEMPERKUAT PEMFOKUSAN - PEMAHAMAN
Gerakan ini untuk merangsang otak bagian depan - belakang. Gerakan pada bagian ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi serta menerima hal baru dan mengekspresikan hal - hal yang sudah diketahui sebelumnya.

Lakukan gerakan di bawah ini:

    Melakukan gerakan peregangan bebas, baik menggunakan tangan, kaki, maupun anggota tubuh yang lain

CARA UNTUK MENINGKATKAN PEMUSATAN - PENGATURAN
Gerakan yang dilakukan akan bermanfaat untuk menenangkan, membuat perasaan nyaman, dan berfikir positif. Gerakan pada bagian ini akan melibatkan fungsi otak atas - bawah

Lakukan gerakan - gerakan seperti di bawah ini:

    Letakkan kedua telapak tangan di dahi dengan jarak 2 jari dari atas alis
    Atau bisa juga meletakkan kedua telapak tangan di ubun-ubun
    Dalam waktu yang bersamaan, lakukan pernafasan teratur sambil menciptakan suasana tenang dan hening tanpa kehilangan kewaspadaan.

0 Response to "CARA UNTUK SENAM OTAK"

Post a Comment

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos