CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT OTAK

CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT OTAK |Seringkali anda melupakan hal-hal kecil, seperti lupa membawa charger handphone, lupa membawa buku pelajaran atau malah melupakan ulang tahun pasangan anda. Lupa memang sangat wajar terjadi dalam kehidupan manusia, namun bila anda ingin menambah kemampuan daya ingat anda, anda beberapa cara yang dapat anda lakukan.

    Bangun pagi dan cium bunga Rosemary

Yang pertama, menurut sebuah penelitian di tahun 2003 saat para psikilig meminta 144 orang relawan untuk melakukan serangkaian uji coba mengenai ingatan jangka panjang, cara kerja ingatan dan uji reaksi serta perhatian, didapatkan hasil yang mengangetkan. Beberapa orang yang mengikuti uji coba itu ditempatkan di ruangan yang bebas bau. Sebagian lagi dikumpulkan pada ruangan berbau lavender. Sedangkan beberapa sisanya ditempatkan pada ruangan yang diberi bebauan dari essensi minyak rosemary. Hasilnya, mereka yang bekerja di dalam ruangan dengan bebauan wangi seperti lavender dan rosemary terbukti memiliki ingatan yang lebih baik daripada orang yang bekerja di dalam ruangan yang bebas dari bebauan. Lebih jauh, mereka yang bekerja di ruangan beraroma rosemary memiliki hasil yang lebih significant dibanding mereka yang bekerja di ruangan berbau lavender, bahkan beberapa peserta di ruangan berbau lavender mengaku merasa mengantuk. Dari hasil penelitian itu, anda dapat menyimpulkan bahwa wewangian rosemary akan membantu meningkatkan daya ingat anda, apalagi dilakukan begitu anda bangun di pagi hari.

    Makanan untuk berpikir

Untuk menjaga ingatan agar tetap muda meski otak sudah mulai menua, para ilmuwan menyarankan anda untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, apel, pisang dan sayuran berwarna hijau tua, bawang dan wortel. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan di atas kemampuan otak untuk mengingat akan lebih terjaga, karena antioksidan merupakan molekul yang dengan mudah mengikat dan menetralkan electron yang disebut dengan radikal bebas yang berkeliaran secara bebas di aliran darah. Dampak buruk dari radikal bebas adalah terbunuhnya fungsi otak karena radikal bebas yang bertambah tua.

Selain makanan kaya oksidan, tubuh juga membutuhkan makanan yang kaya akan omega-3. Karena omega-3 dibutuhkan oleh otak anda yang terdiri dari lemak sehat, untul memperbaiki dirinya sendiri dan menjadi neuron-neuron yang tersambung dengan benar. Untuk itu anda disarankan untuk memakan berbagai jenis ikan dan kacang-kacangan yang banya mengandung omega-3

    Kunyah permen karet

Menurut penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris, mengunyah permen karet ternyata memberikan hasil yang lebih baik bagi peserta uji coba yang mengerjakan uji ingatan jangka panjang dan jangka pendek, dibandingkan mereka yang tidak mengunyah apapun. Para ilmuwan menduga, mengunyah permen karet akan menghasilkan air liru yang meningkatkan denyut jantung dan mempengaruhi fungsi otak yang diberi nama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.

    Permainan otak

Sebuah program yang disebut dengan Lumosity, dikembangkan dengan bantuan ilmuwan saraf dan psikolog kognisi dari Standford University dan University of California di San Francisco, secara khusus dirancang untuk orang tua yang ingin memperbaiki ingatan, konsentrasi, keterjagaan, dan bahkan mood mereka.

Tentu saja, selalu ada olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti Sudoku dan teka-teki silang yang bisa ditemukan di mana saja. Latihan-latihan itu akan menggugah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak saling bersambungan.

    Berjalan kaki

Penelitian menunjukkan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring usia. Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus: orang dewasa yang beranjak tua yang rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus.Penelitian yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of Illinois-Urbana Champaign itu melibatkan 60 orang dewasa berusia 55 sampai 80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit. Aktivitas yang cukup untuk meningkatkan denyut jantung mereka. Peserta lain sejumlah yang sama melakukan latihan pengencangan otot latihan beban, yoga, dan peregangan, dalam intensitas yang sama. Setelah setahun pengencangan, anterior hippocampus peserta hilang sedikit di atas 1 persen dari volumenya, secara rata-rata. Sebaliknya, setahun latihan aerobik membuat peningkatan sekitar 2 persen pada volume anterior hippocampus, membalikkan penuaan alami hippocampus selama sekitar dua tahun. Ilmuwan percaya bahwa hal itu disebabkan oleh imbas latihan yang menimbulkan stres ringan yang memicu produksi faktor pertumbuhan di otak. Kemungkinan juga karena aliran darah yang lebih besar ke otak sehingga semakin banyak nutrisi dan oksigen yang dihantarkannya.

beberapa hal tadi dapat anda coba untuk membantu anda meningkatkan kemampuan mengingat anda.

0 Response to "CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT OTAK"

Post a Comment

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos