CARA MENGOBATI GUSI YANG SAKIT DAN BENGKAK

CARA MENGOBATI GUSI YANG SAKIT DAN BENGKAK |Gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan gusi. Gusi yang bengkak juga dikarenakan adanya sisa-sisa makanan yang menempel dan menjadi plak di gigi. Jika Anda tidak saksama saat membersihkan gigi, maka di kemudian hari akan timbul radang gusi.

Gusi yang sedang bengkak akan terasa nyeri. Jika tidak segera Anda obati, maka pipi akan terlihat menggembung karena kondisi gusi yang membesar. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda menjadi tidak percaya diri untuk menjalani berbagai aktivitas. Untuk itu, segeralah Anda obati jika gusi sudah membengkak. Tanpa harus pergi ke dokter, Anda bisa mengobatinya dengan cara alami. Dilansir Onlymyhealth.com, inilah 7 cara alami untuk mengobati gusi yang bengkak:


    Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit baik di gusi maupun tenggorokan. Anda bisa mencampurkan garam ke dalam air hangat. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit untuk beberapa saat saja dan Anda harus berkumur lagi jika gusi kembali terasa sakit.

    Buatlah obat kumur sederhana

Anda bisa membuat obat kumur alami untuk mengobati sakit gusi. Caranya, dengan campuran hidrogen peroksida atau baking soda. Berkumur dengan bahan tersebut bisa mencegah sakit gusi. Anda bisa berkumur beberapa kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri dalam mulut.


    Pijatlah gusi anda

Anda bisa mengobati sakit gusi dengan cara memijatnya. Pijatlah bgusi yang sakit dengan menggunakan jari telunjuk yang bersih. Dengan memberikan pijatan pada gusi, sirkulasi darah akan meningkat dan bisa membantu penyembuhan.


    Gunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan obat-obatan tradisional yang sangat dikenal untuk mengobati infeksi gusi. Terapkan pada gusi yang bengkak dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakannya.

    Perbanyak minum air putih

Saat gusi senag sakit, Anda disarankan untuk meminum lebih banyak air agar mulut bisa memproduksi air liur lebih banyak. Selain berfungsi dalam hal pencernaan,, air liur dapat berfungsi membunuh bakteri dalam mulut. Untuk itu, sering-seringlah meminum air putih saat gusi sedang sakit.

    Sikat gigi secara teratur

Saat gusi sedang sakit, Anda juga harus tetap menyikat gigi. Pakailah sikat berbulu sedang untuk menyikat gigi secara teratur, 2 kali sehari. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa meningkatkan kesehatan gusi.


    Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Perubahan dalam diet alami bisa menenangkan gusi, apalagi jika Anda mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur yang banyak mengandung vitamin C. Mengonsumsi makanan tersebut bisa membantu penyembuhan.
 

4 Responses to "CARA MENGOBATI GUSI YANG SAKIT DAN BENGKAK"

  1. Terima kasih banyak untuk berbagi informasi tentang cara mengobati gusi yang sakit... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

    ReplyDelete

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos