CARA MEMILIH SIKAT GIGI YANG BAIK

CARA MEMILIH SIKAT GIGI YANG BAIK |Menggosok gigi merupakan kegiatan rutin yang (harus) dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Peran penting sikat gigi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut membuat Anda perlu memperhatikan dalam memilih sikat gigi yang tepat. Salah memilih bisa jadi membuat gusi Anda terluka dan mengancam kesehatan mulut.

Kini, ada banyak pilihan yang sikat gigi di toko atau apotik. Namun, bukan pekerjaan yang mudah dalam menentukan pilihan mana sikat gigi yang tepat untuk Anda. Jangan asal saja memilih sikat gigi, apalagi asal tergiur dengan harga murah. Oleh karena itu, ada beberapa trik memilih sikat gigi yang bisa Anda lakukan.

Ukuran sikat

Perhatikan rongga mulut Anda agar lebih mudah dalam menggosok gigi. Jika Anda memiliki struktur gigi dan rongga mulut yang sempit, maka sebaiknya Anda memilih sikat gigi berukuran kecil. Begitu juga sebaliknya.

Sikat yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat area yang sempit susah untuk dijangkau. Idealnya, ukuran sikat yang baik adalah kepala sikat lebih kecil dari gagang sikat. Ukuran idealnya adalah 35 – 40mm.

Bulu sikat

Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu lembut sehingga tidak merusak email gigi Anda. Pilih sikat gigi dengan kekakuan bulu sikat yang medium. Bulu sikat yang kaku dan keras bisa merusak lapisan gigi dan melukai gusi, jangka panjangnya bisa membuat gigi menjadi sensitif. Sementara bulu sikat yang terlalu lembut atau lunak pun juga tidak bisa membersihkan plak gigi dengan sempurna.

Kepala dan gagang sikat

Kepala dan gagang sikat gigi juga merupakan hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Panjang kepala sikat gigi yang ideal bagi dewasa adalah 2,5cm panjang kepala sikat gigi untuk anak adalah 1,5cm. Kepala sikat gigi yang berbentuk oval paling dianjurkan karena bisa membersihkan hingga ke rongga mulut yang sempit.

Tiga hal di atas merupakan poin utama yang harus diperhatikan dalam memilih sikat gigi yang ideal dengan struktur gigi dan mulut Anda. Selain itu, ada beberapa hal yang musti diperhatikan dalam perawatan sikat gigi.

·      Ganti sikat gigi sekurang-kurangnya 3 bulan sekali.

·      Ganti sikat gigi dan cara Anda menggosok gigi jika bulu sikat sudah tidak beraturan dalam sepuluh hari pemakaian. Hal ini bisa berarti Anda menggosok gigi terlalu keras.

·      Sebaliknya, jika bulu sikat gigi Anda masih tampak seperti baru setelah 3 atau 4 bulan pemakaian maka bisa diartikan bahwa Anda tidak cukup sering menyikat gigi atau malah terlalu berhati-hati.

·      Pastikan kepala sikat gigi berada di tempat yang kering dan bersih.

·      Jika Anda menggunakan penutup kepala sikat gigi, pilih yang berventilasi untuk mencegah berkembangnya bakteri karena kelembaban dalam penutup kepala sikat gigi.

1 Response to "CARA MEMILIH SIKAT GIGI YANG BAIK "

  1. thanks atas info nya..

    gabung ke link kami yah....


    http://motogp.unsri.ac.id/

    ReplyDelete

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos