khasiat buah tomat untuk tubuh

Mamfaat buah tomat ternyata sangat sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan kita. Tomat merupakan buah yang sudah populer dan selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Buah ini tidak mengenal musim sehingga dapat berbuah kapan saja. Warnanya yang merah sangat menggoda mata untuk menikmatinya. Buah ini juga sangat mudah dijumpai dan mudah untuk mendapatkannya.

Ada beberapa jenis tomat, diantaranya tomat yang agak besar disebut tomat buah, berukuran agak kecil lagi disebut tomat sayur, dan tomat yang berukuran sebesar kelereng yang disebut ceri. Dari semua jenis tomat tersebut, semuanya mengandung vitamin A, C, mineral, serat, dan zat fitonutrien. Kandungan serat yang tinggi pada tomat dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti wasir dan sembelit.

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa membuat jus tomat dapat membuat gizi yang terkandung didalam tomat menjadi berkurang. Faktanya, tomat tidak akan kehilangan gizi meskipun diolah dengan cara dibuat jus. Sesuai dengan anjuran FAO dan WHO, sebaiknya mengkonsumsi tomat dengan cara dimasak terlebih dahulu. Dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa kandungan lycopene yang terdapat dalam tomat tidak akan rusak dan tidak jauh berubah jumlahnya dalam proses pemanasan. Seperti yang dikutip dari wolipop.detik.com, berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan.

  •  Antioksidan. Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Seperti yang disebutkan diatas, tomat banyak mengandung vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene yang tinggi. Zat radikal bebas dalam darah dapat dibersihkan dengan Lycopene tingkat tinggi yang terkandung dalam tomat.
  •  Untuk kesehatan mata. Tomat mengandung vitamin A yang sangat besar sehingga sangat baik untuk mata. Tomat merupakan makanan yang tepat untuk menjaga mata tetap sehat dan terhindar dari rabun senja.
  •  Mencegah kanker. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan lycopene yang terdapat dalam tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker kolorektal (usus besar). Lycopene dapat membantu menghentikan pertmbuhan sel kanker. Dan ternyata tomat yang dimasak dapat memproduksi lebih banyak Lycopene daripada tomat mentah. Anda mulai sekarang bisa mencoba mengkonsumsi sup tomat secara rutin.
  • Menguatkan Jantung. Tekanan darah dan kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat diturunkan dengan Kalium dan Vitamin B yang terdapat dalam tomat. Zat tersebut nantinya dapat membantu mencegah stroke, serangan jantung dan gangguan jantung yang mematikan lainnya.
  • Membuat kulit cantik. Kandungan Lycopene yang tinggi pada tomat sangat baik untuk perawatan kulit. Gunakan lapisan bagian dalam kulit tomat untuk melapisi kulit wajah. Kemudian diamkan kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.
  • Menyehatkan rambut. Ternyata Vitamin A dapat membuat rambut menjadi sehat dan kuat selain untuk mata,  gigi, kulit, dan tulang.
  • Membuat tulang kuat. Kandungan Vitamin K dan Kalsium yang terdapat pada tomat dapat membantu tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Tomat bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan maupun untuk dibuat jus. Anda dapat memasukkan tomat kedalam menu makanan Anda sehari-hari, sehingga bisa mendapatkan manfaat tomat secara maksimal.

0 Response to "khasiat buah tomat untuk tubuh"

Post a Comment

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos