Olahraga yang membuat badan gemuk

Olahraga yang membuat badan gemuk | Secara umum, semua olahraga memang bisa menyehatkan dan membuat badan selalu bugar. Tapi ada beberapa jenis olahraga yang tidak perlu dilakukan dan sebaiknya dihindari, jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Ada beberapa jenis olahraga yang dirancang untuk pembentukan otot, bukan penurunan berat badan. Menurut Jeffrey A. Dolgan, seorang fisiologis di Canyon Ranch, Miami Beach, massa otot tidak jauh berbeda berat dengan massa lemak; satu pon lemak sama dengan satu pon otot, hanya volume otot lebih kecil dari lemak.

Hal tersebut menjelaskan mengapa saat seseorang membentuk massa otot dan mengurangi lemak tubuh, skala berat badan justru naik. Jika tujuan olahraga untuk mengurangi berat badan, ada beberapa gerakan yang sebaiknya dihindari atau dikombinasikan dengan gerakan lain, seperti dilansir She Knows.

1. Squat
Squat merupakan olahraga yang membutuhkan banyak energi, dan jenis latihan compound. Artinya, olahraga ini melatih sejumlah otot yang bisa meningkatkan berat badan. Squat bisa dilakukan jika Anda ingin membentuk otot bokong, paha dan kaki lebih indah. Jika ingin menurunkan berat badan sekaligus mengencangkan tiga bagian tubuh tadi, bisa dikombinasikan dengan latihan kardio.

2. Side Bend
Side bend adalah salah satu jenis latihan angkat beban, yaitu dengan menggunakan dumbbell dan menggerakkan pinggang serta tubuh ke samping. Latihan ini berguna membentuk otot di bagian lengan, sehingga tangan terlihat lebih kekar. Latihan ini bukan cara efektif jika Anda ingin merampingkan pinggang. Fokuslah pada latihan kardio untuk membakar lemak di seluruh tubuh secara merata, atau hanya lakukan latihan yang berfokus pada bagian perut.

3. Bench Press & Shoulder Press
Bench press dilakukan dengan cara berbaring pada titian dan mengangkat barbel ke atas dan bawah, menciptakan sudut 90 derajat dengan lengan dan tubuh (saat lengan memanjang). Gerakan ini akan membentuk otot pada bagian dada dan perut saat Anda menurunkan barbel ke dada.

Sementara shoulder press gerakannya lebih kurang sama dengan bench press. Latihan ini lebih banyak menggunakan otot deltoid. Dua jenis latihan ini tak cocok untuk merampingkan tubuh, karena semua olahraga yang bersifat 'bodybuilder' biasanya justru menambah massa otot.

3 Responses to "Olahraga yang membuat badan gemuk"

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos