Anak anak yang rentan asma mengapa ?

Anak anak yang rentan asma mengapa ?|Belakangan makin banyak pasutri yang tidak bisa memiliki anak dengan cara normal. Berbagai cara pun dilakukan untuk memiliki anak, termasuk dengan program bayi tabung (IVF).

Namun sebuah studi baru dari Inggris mengungkapkan bahwa anak yang terlahir dari metode kesuburan seperti IVF ini berpeluang lebih tinggi untuk terserang asma.

Setelah mengamati 18.818 anak asal Inggris yang terlahir antara tahun 2000-2002, studi ini dapat memastikan bahwa ketika anak-anak ini mencapai usia lima tahun, mereka dilaporkan dua kali lebih mungkin terserang asma jika mereka tidak dibuahi secara alami.

Selain itu, anak-anak ini juga empat kali lebih mungkin membutuhkan obat-obatan anti-asma. Padahal hal ini dapat mengindikasikan tingkat keparahan asma yang lebih tinggi. Beruntung peneliti juga menemukan risiko asmanya akan menurun ketika si anak mencapai usia 7 tahun.

Menurut ketua tim peneliti, Dr. Claire Carson, 15 persen partisipan dalam studi ini diketahui telah mengidap asma pada usia lima tahun, tapi ternyata proporsinya meningkat sebesar 24 persen, terutama pada 104 partisipan yang terlahir berkat bantuan teknologi reproduksi tertentu.

"Analisis kami menunjukkan bahwa kelompok program pendampingan reproduksi tertentu berisiko lebih tinggi dari metode lainnya. Tapi kami menduga ada sejumlah penjelasan yang bisa memaparkan hubungan antara kemandulan, IVF atau bayi tabung dan asma, termasuk tingkat keparahan kemandulan dan peranan program reproduksi itu sendiri," terang Carson.

Lagipula di samping metode reproduksi, peneliti juga ikut mempertimbangkan faktor lain seperti riwayat asma dan merokok sang ibu, indeks massa tubuh, status sosioekonomi, keberadaan hewan peliharaan yang berbulu di rumah serta berbagai faktor lain yang diduga memicu asma dan mempengaruhi temuan peneliti.

"Menariknya kami menemukan adanya pola tertentu tentang penyakit asma pada anak tapi terlalu dini untuk mengatakan jika program bayi tabung dapat mempengaruhi tingginya angka kejadian asma pada anak-anak. Beruntung pada sebagian besar anak, asma adalah kondisi yang dapat dikelola dan tidak seharusnya menghalangi anak-anak ini untuk hidup sehat dan aktif," pungkas Carson seperti dikutip dari BBC, Jumat (7/12/2012).

0 Response to "Anak anak yang rentan asma mengapa ?"

Post a Comment

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos