Polusi pengaruhi anak cepat puber

Polusi pengaruhi anak cepat puber | akibat lain dari polusi Dibandingkan anak-anak yang besar di desa, anak-anak kota memang cenderung lebih cepat gede alias puber. Ini bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan karena ada banyak risiko kesehatan mengintai bila si buah hati puber lebih cepat. Apa sih penyebabnya?

"Orang-orang di kota relatif puber lebih cepat dibanding orang desa, tapi tidak selalu," ujar dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A,

Menurut dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta ini, ada banyak faktor yang membuat anak kota cenderung lebih cepat mengalami puber, mulai dari ras, sosial ekonomi, makanan, pergaulan, lingkungan, bahkan juga zat kimia seperti polusi.

Makanan misalnya, anak di kota lebih sering makan makanan cepat saji seperti junk food yang banyak mengandung lemak, yang pada akhirnya dapat mengganggu hormon dan mempercepat pubertas.

Selain itu, pergaulan dan lingkungan anak-anak kota, menurut dr Adit juga dapat memicu pubertas dini. Salah satunya kebiasaan nonton sinetron atau anak-anak yang 'dipaksa' berdandan ala orang dewasa.

"Faktor lingkungan seperti polusi juga bisa menyebabkan pubertas dini," tambah dr Adit, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Unit Kerja Kelompok (UKK) Endokrinologi DKI Jaya dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Adanya pengaruh polusi terhadap risiko pubertas dini juga dibenarkan oleh Dr Aman Pulungan, SpA(K), konsultan endokrinologi anak dari RS Cipto Mangunkusumo. Ia menilai cemaran berbagai zat kimia dapat mempengaruhi perubahan hormonal pada anak dan remaja.

"Ada yang namanya endocrine disrupture chemical. Zat-zat kimia tertentu bisa menyebabkan terjadinya gangguan, jadi (pubernya) lebih cepat. Tetapi itu juga agak susah kita buktikan zat kimia mana yang menyebabkan itu," jelas Dr Aman.

Endocrine disrupture chemical merupakan zat-zat kimia yang dapat mengganggu sistem endokrin dengan meniru kerja hormon alami dalam tubuh manusia. Dalam kaitannya dengan pubertas, zat-zat kimia yang meniru hormon tersebut memberikan respons pada saat tidak tepat sehingga ciri-ciri seksual sekunder muncul lebih cepat dari yang seharusnya.

0 Response to "Polusi pengaruhi anak cepat puber "

Post a Comment

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos