Cara dan tips untuk mengatasi kulit kering

Cara dan tips untuk mengatasi kulit kering |Bagi anda yang amat sangat mempedulikan penampilan anda, cara atasi kulit kering sepertinya harus anda ketahui, karena kami yakin kulit tidak akan luput dari perhatian utama anda. Karena, kulit merupakan tampilan terluar anda. Bagaimanapun juga, kulit pasti sangat berperan penting dalam menunjang penampilan anda. Ketika kulit anda kering, sudah dapat dipastikan anda akan merasa tidak nyaman dan bisa berakibat fatal terhadap penampilan anda.

Ketika berbicara bagaimana cara atasi kulit kering, mungkin tidak akan ada habisnya. Karena memang sangat banyak sekali ditemukan berbagai cara yang dapat diterapkan untuk mengeatasi masalah kulit kering ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan kepada anda beberapa tips untuk mengatasi permasalahan kulit anda yang mungkin tergolong sangat kering. Selengkapnya, silahkan anda simak informasi berikut ini :

Pendinginan
Jika Anda melihat kulit telah terkelupas, hal pertama yang harus dilakukan adalah mandi air dingin. Air dingin akan membantu perlambat proses pengelupasan. Saat akan mengeringkan, sebaiknya Anda menepuknya secara perlahan dengan handuk, serta hindari gosokan yang keras. Dengan menggosok kulit, Anda akan mempercepat proses pengelupasan.

Pelembab
Usai keluar dari kamar mandi, oleskan kulit dengan lotion pelembab. Carilah pelembab khusus yang dirancang untuk sengatan matahari. Umumnya lotion harus mengandung lidah buaya, fungsinya untuk mendinginkan kulit, mengurangi peradangan dan memperlambat pengelupasan. Lidah buaya adalah ekstrak kaktus alami yang telah lama digunakan karena khasiat alaminya.

Air putih
Setelah mendinginkan kulit dari luar, sudah saatnya Anda mendinginkan bagian dalam tubuh. Satu gelas air mineral akan membantu pencegahan dehidrasi. Saat kulit Anda rusak – seperti setelah terkena matahari, air memegang peranan penting dalam mengatasinya. Minum banyak air akan membuat kulit memperbaiki lapisan yang rusak.

Penggarukan
Meski terasa gatal dan perih, hindari garukan pada kulit. Hal ini akan membuat kulit teriritasi. Namun, jika jemari Anda gatal ingin menggaruk, Anda dapat menggunakan batu es untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Rasa dingin pada kulit membuat kulit menjadi terasa sejuk dan tidak gatal.

Pengelupasan
Digaruk saja dilarang, apalagi dikelupas. Pengelupasan kulit akan membuat kulit terinfeksi. Meski lapisan yang mengelupas adalah sel kulit mati, sebaiknya dibiarkan saja.

Pencegahan
Pencegahan adalah obat terbaik untuk pengelupasan kulit. Untuk menghindari pengelupasan, sebaiknya menggunakan tabir surya terlebih dahulu saat keluar rumah. Pastikan juga, tabir surya digunakan mengandung SPF yang sesuai dengan kulit Anda. Selain bagian depan, jangan lupa oleskan pada bagian tubuh yang tak terlihat, seperti di belakang telinga.

sebenarnya ada cara alami untuk mengatasi kulit kering seperti contoh bahan bahan alami di bawah ini yang dapat membantu anda untuk mengatasi kulit kering sehingga kulit anda tetap lembab dan terjaga.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan bibir kering ataupun kulit kering, seperti dilansir oleh ABC News berikut ini.

1. Minyak zaitun
Minyak zaitun bisa digunakan hampir untuk banyak hal. Tak hanya menyembuhkan bibir kering, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk kulit kering di bagian lain tubuh, seperti siku, tangan, dan lainnya.

2. Yogurt
Ketika kulit kering, Anda bisa mengelupasnya menggunakan yogurt, terutama Greek yogurt. Yogurt bisa digunakan untuk mengelupas kulit kering dengan aman.

3. Labu
Enzim pada labu bisa digunakan untuk mengobati kulit kering. Caranya, campurkan satu kaleng labu dengan setengah sendok teh bubuk kayu manis. Kemudian jadikan masker untuk kulit kering Anda. Biarkan selama lima sampai 15 menit, lalu bersihkan.

4. Buat scrub sendiri
Efektif dan hemat, Anda bisa membuat scrub Anda sendiri untuk mengatasi kulit kering. Anda bisa mencampurkan brown sugar dengan minyak, kemudian gosokkan pada kulit dengan lembut. Anda juga bisa menambahkan madu dan jus lemon.

5. Madu
Madu adalah obat alami untuk menyembuhkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Oleskan sedikit madu pada malam hari, kemudian tidurlah. Pada pagi harinya Anda akan mendapatkan bibir yang halus. Hal ini juga bisa dilakukan pada bagian tumit dan siku yang kering dan pecah-pecah.

Itulah lima obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit kering dan bibir yang kering

Jika belum berhasil cara melembabkan kulit kering anda dengan cara di atas silahkan di coba cara mengatasi kulit kering di bawah ini.

Mandi sebenarnya bukan hanya rutinitas untuk membersihkan tubuh tapi juga langkah awal dari perawatan kulit harian Anda. Karena itu, perlu memperhatikan cara mandi yang tepat agar mendapatkan kulit yang sehat dan lembut. Ini dia caranya, seperti dirangkum dari iDiva.

1. Gunakan Shower Gel, Jangan Sabun
Menurut Dermatologist Dr Abhijeet Desai, sabun cenderung membuat kulit kering karena sifat alkali nya. Ganti sabun mandi yang biasa Anda pakai dengan shower gel atau body wash yang mengandung pelembab. Shower gel mampu membersihkan dan memberi rasa segar di kulit dan membuatnya kering. Shower gel juga lebih mudah diusapkan dan dibilas, dibandingkan sabun biasa.

2. Pilih Loofah Berkualitas Baik
Sabut mandi, atau loofah biasa digunakan untuk mengusapkan sabun ke kulit sekaligus mengangkat set kulit mati. Loofah juga bisa membantu membersihkan area tubuh yang sulit terjangkau (punggung atau bokong) dengan baik. Selain itu, loofah yang berkualitas baik juga bisa meluruhkan sel kulit mati dan melancarkan sirkulasi darah saat mandi.

3. Manjakan Diri Anda
Mandi biasa lebih dilihat sebagai rutinitas dan keharusan untuk menjaga kebersihan tubuh. Tapi lebih dari itu, mandi bisa Anda jadikan sebagai kegiatan untuk memanjakan diri sendiri. Pilih shower gel atau body wash dengan tekstur 'foamy' dan 'creamy', usapkan pada seluruh tubuh sambil lakukan pijatan lembut. Atau, Anda bisa berendam dalam bath tub sambil menikmati keharuman pembersih tubuh yang Anda sukai.

4. Keringkan Tubuh dengan Lembut
Sebagian besar orang punya kebiasaan mengeringkan tubuh dengan menggosok-gosokkan handuk ke kulit setelah mandi. Cara ini bisa menghilangkan kelembaban dan merusak kulit. Setelah mandi, sebaiknya cukup tepuk-tepukkan handuk ke kulit untuk mengeringkannya.

5. Oleskan Pelembab
Setelah tubuh kering, segera oleskan krim atau lotion pelembab ke kulit tubuh Anda. Pelembab akan membentuk lapisan tipis yang membantu menjaga kelembaban dan kehalusan kulit sepanjang hari. Kandungan pelembab juga akan terserap lebih baik saat tubuh Anda masih dalam keadaan lembab setelah mandi.







itulah beberapa kumpulan cara yang bisa anda coba untuk mengatasi kulit kering.

0 Response to "Cara dan tips untuk mengatasi kulit kering "

Post a Comment

silahkan tuangkan pendapat anda di kolom komentar di bawah ini .....

===>Klik Gambar Untuk Clos